Membumikan Literasi di Bumi Sakti

  Oleh: Wahyu Hidayat Penulis adalah mahasiswa Prodi Ilmu Kepemerintahan Fisipol Universitas Jambi dan anggota aktif Ikatan Mahas...

Mitos Tumbal Air Panas Semurup


 Oleh: Wahyu Hidayat
Penulis adalah mahasiswa Prodi Ilmu Kepemerintahan Fisipol Universitas Jambi dan anggota aktif Ikatan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh Jambi (IMKS-JAMBI).

Provinsi Jambi merupakan Provinsi yang mempunyai potensi dalam hal wisata, mulai Gunung kerinci sampai ke candi muaro jambi, acapkali wisata merupakan sektor unggulan dari pendapatan asli daerah (PAD).
Provinsi Jambi terdiri dari beberapa wilayah kabupaten/kota, dan ada salah satu kabupaten yang  memiliki ciri khusus yaitu kabupaten Kerinci yang sering disebut dengan negeri wisatanya provinsi Jambi. Selama ini masyarakat hanya tau kerinci sebagian kecilnya saja, mereka hanya kenal dengan Gunung kerinci, danau kerinci, danau gunung tujuh, kebun teh kayu aro, dan air terjun telun berasap. Akan tetapi ada satu objek wisata yang mungkin terdengar asing dari kuping kita selama ini yaitu “Air Panas Semurup” atau dalam bahasa kerinci disebut dengan “Gao”.
Air panas semurup merupakan objek wisata yang terletak di 11 kilometer dari pusat kota (sungai penuh) yang juga dapat ditempuh 8-10 jam dari pusat kota jambi. Wisata ini terletak dikawasan perumahan warga tepatnya di desa baru Air Hangat kecamatan Air Hangat Barat Kabupeten kerinci. Kawasan wisata ini merupakan kawasan wisata unggulan d kabupaten Kerinci, hampir setiap hari wisata Air panas didatangi oleh wisatawan baik lokal mapun mancanegara. Wisata air panas ini merupakan sumber air panas yang bersaal dari kawah gunnug kerinci, menurut pantauan masyarakat setempat sumber air panas ini pertama kali muncul ribuan tahun yang lalu, dan sampai saat ini belum ada yang tahu mengenai misteri munculnya air panas tersebut.
Air panas semurup ini yang berupa kolam memiliki luas 15 meter persegi dengan kedalaman kurang lebih 5 meter yang memiki tekstur warna kebiruan dan air nya yang sangat tentu panas yang memliki suhu 80 derajat celcius. Dahulunya air panas ini memiliki suhu sampai dengan 100 derajatcelcius, namun walaupun sekarang hanya 80 derajat celcius tetapi wiasata ini sangat mengagumkan dan sangat mengagumkan ketika kita bisa merasakan dan melihat ada titik air seoanas ini di dataran yang memliki tinggi 800 mdpl.
Air panas ini juga sangat menarik untuk dikunjungi karena kawasn ini dijaga dan dilestarikan dengan keamanan yang baik, karena capkali wisata air panas ini kerap menjadi tempat untuk bunuh diri, dari kejadian seperti itu pemerintah dalam hal ini masyarakat yang mengelola kawasan wisata ini sangat-sangat menjaga pintu masuk bahkan area kolam air panas itu diberi agar yang ketat agar masyarakat tak bisa masuk dengan mudah.
Wisata ini merupakan tempat yang sangat nyaman jika masyarakat ingi n santai dan menennagkan diri, selain dengan wisatanya yang menarik, masyarakat atau pengunjung juga bisa merebus telur dan pisang secara langsung di kola air panas tersebut. Selain dari kulinerya kawasan wisata ini juga digunakan masyarakat sebagai tempat untuk mandi, karena dikawasan wisata ini terdapat tempat pemandian khusus untuk masyarakat pengunjung maupun setempat.
Terlepas dari keindahan dan kecantikan air panas tersebut, ada sebuah misteri mitos yang selama ini menghantui dan membuat geregetan masyarakat kabupaten kerinci, terutama masyarakat sekitar daerah air panas. Bagaian tidak setiap tahunnya air pans tersebut selalu memakan korban.
Keganasan air panas tersebut menajdi teka-teki masyarakat selama ini, apakah memang air panas ini setiap tahunnya wajib ada korban yang meninggal. Berbagai kejadian yang terjadi kasus bunuh diri yang terjadi di air panas.
Menurut mitos masyarakat setempat kejadian  bunuh diri dengan cara menyobloskan diri k sumber air panas ini memnag tiap tahunnya selalu ada. Menurut mitos dari mulut ke mulut bahwa jangan pernah sesekali berbicara akan menyobloskan diri ke air panas walaupun itu nada becanda. Karena, sewaktu-waktu air panas teresebut akan memanggil secara tidak sadar. Kebnaykan dari korban tumbal air panas ialah masyarakat yang bukan dari daerah sekitar air panas.
Itulah mengapa pihak pengelola wisata saat ini mempagari air panas tersebut dengan pagar yang sagat tinggi erta penjagaan yang sangat ketat, dengan tujuan untuk menghindari masyarakat yang berniat bunuh diri di air panas semurup tersebut.
Dibalik keindahan dan kecantikan wisata air panas semurup ternyata terdapat sebuah mitos masyarakat setempat, yaitunya mitos tentang setiap tahunnya  air panas semurup yang selalu meminta tumbal. Hal yang selalu dihubung-hubungkan dengan peristiwa bunuh diri yang hampir terjadi setiap tahun di air panas semurup.


2 komentar:

  1. Baik, ini komen saya, smg bermanfaat.
    Saya hampir nyebur ke air panas ini, waktu itu sekitar th 1992, saya menjadi kontingen Porseni Karang Taruna dari Kodya Jambi yg bertanding ke Kab. kerinci.
    Saya saat itu berusia kira2 20 tahun, pekerjaan sbg Stuan Tugas Sosia (Satgassos) Jambi 2.
    Ketika wisata rombongan kontingen Kodya ke air panas semurup, hatisaya sdg tidak tenang,apalagi sebagai lajang sedikit sensitif bila pihat calon gebetan masa PDKT didekati cowok lain bhkan calon target saya tertawa mesra dg cowok lain.
    Saat hati sy sdg gusar, saya merenung utk mengalihkan pikiran dg duduk di batu di pinggir bibir sumur air panas.
    Saat itu terasa aneh, suasana yg dingin cocok melihat gelegak air dari dlm bumi, apalagi lumut2 menari krn gelembung dari dasar.
    Airnya jernih kebiruan dan bbr jaring telur msh terebus.
    Saat itulah, ada pikiran dlm hati, mumgkin enak di dalam air ini,,bening kebiruan.
    Pikiran macam2, bhkan wkt itu terpikir juga kalau cewek target sy bisa kaget kl sy nyebur ke dalam.
    Lama kupikir barulah...
    "plak!"
    Aku langsung ditarik org agar menjauh dari kolam,dan disadarkan kalau hrs menjauh.
    Saat itu aku tak mngerti mngpa mrk menarikku....?
    Ternyata aku hampir sj terjun ke sana jika tidak diingatkan, mungkin ada yg tau sy sdg kesal.
    Lama setelah itu bbrpa tahun kemudian baru sy paham, air panas semurup itu hrs hati2, jgn ke sana bila hati sdg kesal apalagi patah hati.
    Itu ceritanya, dpt dikomfirm sy ke fb junjati patra.
    Ingatlah bhwa kita hrs waspada dan sabar, dekatkan diri pd Allah.

    BalasHapus
  2. KEUNTUNGAN BERLIMPAH DAN MUDAH DI MAINKAN!

    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus