Membumikan Literasi di Bumi Sakti

Oleh: Legi Okta Putra (Alumnus Ilmu Peternakan Universitas Andalas) Usaha peternakan merupakan bidang yang memiliki peluang bisni...

Masa Depan Usaha Peternakan Di Kerinci


Oleh: Legi Okta Putra
(Alumnus Ilmu Peternakan Universitas Andalas)

Usaha peternakan merupakan bidang yang memiliki peluang bisnis besar diKerinci. Tak boleh dikesampingkan untuk perencanaan pembangunan peternakan di dalam pilkada saat ini. Sebab, pertama, masyarakat Kerinci adalah konsumen yang tinggi dibidang peternakan, sehingga perlu menjadi pertimbangan bagi calon kepala daerah untuk membuat suatu trobosan utama dalam bidang peternakan demi mewujudkan swasembada peteranakan didaerah Kerinci. Kedua Kerinci memiliki flasma nutfah yaitu itik Kerinci yang perlu dikembangkan dengan baik.

Selama ini, daerah tetangga sangat dimanjakan oleh sifat konsumtif dari masyarakat Kerinci yang tidak berkeinginan menjadi pengusaha. Usaha peternakan yang ada di Kerinci masih bisa dihitung dengan jari, tetapi diluar itu ada yang memiliki peternakan tetapi tidak dalam sekala bisnis atau hanya sebatas tabungan semata. Masyarakat Kerinci yang selama ini diketahui sangat mengidolakan sebagai pegawai menjadi ladang empuk bagi pengusaha dari luar daerah untuk memasok produk peternakan di Kerinci.

Secara kasat mata, hal ini dilihat sebagai permasalahan yang tidak terlalu besar. Tetapi, jika di lihat secara kemandirian suatu daerah maka ini adalah permasalahan yang perlu diatasi melalui paket kebijakan. Semakin banyak peternakan dari luar yang masuk, menyebabkan motivasi masyarakat untuk beternak menjadi berkurang. Karena masyarakat hanya merasa produknya tidak begitu berharga lagi, akibat produk luar yang murah. Tetapi, jika masyarakat bisa melihat lokasi dan bentuk peternakan yang maju diKerinci sehingga menjadi keinginan besar untuk beternak karena keuntungan bisnis di bidang peternakan besar.

Hal tersebut perlu diperhatikan oleh calon pemimpin di Kerinci, supaya dapat memperhatikan dunia peternakan. Agar pasar yang terbuka lebar di Kerinci dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kerinci itu sendiri, bukan dari daerah tetangga. Kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan nanti akan berpengaruh terhadap itu semua dan khusunya untuk kesejahteraan masyarakat Kerinci.

Sebelum-sebelumnya bidang peternakan tak menjadi program utama dipanggung pilkada. Peternakan dikesampingkan dalam pembangunan kedepan padahal pengaruhnya untuk kesejahteraan masyarakat sangat dibutuhkan. Program peternakan berasal dari pusat sangat banyak, tinggal pemernintah daerah menjalankan dengan tambahan program kreatif sesuai kondisi yang terjadi di masyarakat.

Baliho tentang peternakan, yang baru pertama kali saya lihat di Kerinci. Satu sisi baliho tersebut mengkampanyekan tentang dunia peternakan bagi masyarakat Kerinci yang selama ini kurang dalam pencerdasan di dunia peternakan. Disisi lain itu adalah pencitraan, karena program yang dikampanyekan adalah program pemerintah pusat dan belum ada progam kreatif dari pimpinan Kerinci untuk mendukung program tersebut.

Kita tidak bisa selalu menjadi konsumen dalam bidang peternakan dengan mendatangkan produk peternakan dari daerah tetangga. Seharusnya pemerintah bisa memperhatikan dan bergerak di bidang peternakan dengan serius. Mulai dari pemerintah yang menjaga peternak sekarang ini untuk menjadi sejahtera. Mulai dari pilkada tahun inilah kita ingin melihat calon kepala daerah untuk memperhatikan dengan serius dunia peternakan dan membuat program utama di bidang peternakan.

1 komentar:

  1. KEUNTUNGAN BERLIMPAH DAN MUDAH DI MAINKAN!

    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus